Boeing Luncurkan Satelit Komunikasi 4G

Kamis, 21 Oktober 2010 | 17:23 WIB

NASA

Ilustrasi

Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup. Dengan alat bant komunikasi, jarak yang dekat akan terasa semakin dekat, yang jauh terasa lebih dekat. Dengan alat bantu untuk komunikasi. Semakin canggih teknologi semakin mudah untuk mendapatkan komunikasi yang cepat dan efisien.

KOMPAS.com — Boeing bersiap-siap meluncurkan satelit komunikasi untuk menyediakan layanan 4G ke luar angkasa. Satelit bernama LightSquared SkyTerra 1 itu sudah dikirim dari tempat pengujian di El Segundo, California, Amerika Serikat, ke Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, sebuah tempat peluncuran pesawat luar angkasa. Rencananya, satelit tersebut akan diluncurkan pada 14 November tahun ini.

SkyTerra diharapkan bisa melayani jutaan pelanggan komunikasi nirkabel di Amerika Serikat. Boeing menyebutkan bahwa satelit ini akan jadi revolusi komunikasi di Amerika Serikat." Antenanya yang berukuran 22 meter akan jadi antena terbesar untuk satelit komersial yang aktif melayani," kata juru bicara Boeing.

Satelit ini, seperti dijelaskan oleh Jeff Snyder, Senior Vice President of Satellite Engineering and Operations untuk LightSquared, memungkinkan hubungan antar-perangkat bergerak, bisa memperpanjang umur baterai, dan memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang ponsel konvensional. Satelit ini akan menjangkau semua area di seluruh negara bagian dengan jaringan berkapasitas lebih besar untuk menghubungkan ponsel, PDA, dan laptop.

Teknologi 4G memiliki bandwidth 100 megabit per detik untuk unduh dan 50 megabit per detik untuh unggah. Teknologi 3.5G (HSDPA) saat ini memiliki kecepatan maksimal 14 megabit per detik. Sebuah layanan televisi berdefinisi tinggi membutuhkan jaringan berkecepatan 25 megabit per detik. Artinya, dengan teknologi 4G, layanan televisi berdefinisi tinggi bisa berjalan sempurna. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar