ERP 1

Bab 1

Pendahuluan

Saat ini teknologi merupakan hal yang sangat signifikan pengaruhnyadalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang perekonomian. Kita dapat melihat penggunaan teknologi informasi dalam proses bisnis organisasi yang ada. Sebenarnya, pemanfaatan sistem informasi, membantu perusahaan untuk melakukan lompatan-lompatan usaha. Namun hal yang perlu digarisbawahi adalah implementasi sistem informasi tidak hanya sebagai proses otomatisasi informasi, dengan kata lain sebagai pengganti mesin ketik, namun juga dapat menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah proses bisnis.

Pemanfaatan sistem informasi, tentu saja membutuhkan tenaga, modal, dan sumber daya yang cukup sehingga implementasi sistem informasi dapat menjadikan day-to-day operation organisasi bisnis lebih efisien, dan menghasilkan output yang optimal. Banyak perusahaan Indonesia yang menjadikan pemanfaatan sistem informasi menjadi suatu kebutuhan mutlak. Peran sistem informasi sudah demikian Pentingnya dalam bidang industri. Mulai dari industri yang padat modal, hingga sektor-sektor industri yang padat karya.

Sebuah sistem informasi dibuat berdasarkan kebutuhan khusus untuk pengguna yang spesifik. Walaupun sebuah sistem informasi yang dihasilkan bekerja dengan efisien, sistem tidak dapat cukup memberikan keputusan strategik yang mendukung perusahaan karena ketiadaan integrasi dalam pemindahan informasi antara keseluruhan organisasi perusahaan. Oleh karena itu, saat ini sistem informasi yang dibutuhkan adalah sebuah sistem informasi yang dapat diimplementasikan dengan integrasi yang tinggi.

ERP (enterprise resource planning) merupakan aplikasi dari sistem informasi yang berbasis enterprise, memungkinkan terjadi integrasi data yang terdapat pada keseluruhan unit yang ada dalam organisasi, sehingga hal ini memampukan organisasi bisnis untuk mengambil keputusan secara akurat dan cepat. Dalam kaitannya dengan bidang akuntansi, ERP membawa pengaruh kedalam pendidikan akuntansi, profesi akuntan dan tentu saja profesi auditor.

Bab 2

Pembahasan

I. ERP (enterprise resource planning)

Menurut Travis Anderegg, ’ERP is a complete enterprise wide business software solution. The ERP system consists of software support modules such as : marketing and sales, field service, product design and development, production and inventory control, procurement, distribution, industrial facilities management, process design and development, manufacturing, quality, human resources, finance and accounting, and information services’

Sedangkan menurut Daniel E.O’Leary memberikan definisi mengenai ERP seperti kutipan berikut ini.

’ERP systems are computer based systems designed to process an organization’s transactions and facilitate integrated and real-time planning, production, and customer response. In particular ERP systems will be assumed to have certain characteristics’

Jadi dapat disimpulkan, Enterprise Resource Planning (ERP) adalah suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mengintegrasikan seluruh fungsi penjualan, produksi, akunting dan distribusi dengan sasaran untuk mengoptimalkan semua sumber daya: material, sumber daya manusia dan kapasitas mesin.


Referensi : Tarigan, Josua. 2009.ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP): DAMPAK DALAM PENDIDIKAN, PROFESI AKUNTAN DAN AUDITOR.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar