ERP 4

Bab 3

Penutup

A. Kesimpulan

Lingkungan organisasi selalu berubah sejalan dengan perjalanan waktu yang ada. Dalam perubahan lingkungan yang ada, teknologi informasi merupakan elemen yang sangat mempengaruhi lingkungan organisasi secara signifikan. Teknologi informasi yang digunakan dalam sistem informasi berkembang secara pesat, ERP (enterprise resource planning) merupakan aplikasi dari sistem informasi yang berbasis enterprise, dimana memungkinkan terjadi integrasi data yang terdapat pada keseluruhan unit yang ada dalam organisasi, sehingga hal ini memampukan organisasi bisnis untuk mengambil keputusan secara akurat dan cepat.

Auditor harus memiliki pemahaman yang cukup atas sistem informasi yang dimiliki klien dalam penugasan auidt. Hal ini dilakukan agar auditor memahami pemrosesan data transaksi menjadi laporan keuangan. Dalam kaitannya dengan software ERP. Auditor ketika melakukan audit dalam lingkungan sistem informasi berbasis enterprise (ERP), harus memperhatikan keunikan dan keunggulan masingmasing software, dimana hal ini dapat dimanfaatkanauditor dalam melakukan penugasan audit.

B. Saran

Pihak perusahaan harus mengetahui apakah ERP patut diterapkan dalam lingkungan perusahaanya dan harus mengetahui resiko apa saja jika memakai sistem ERP. Hal ini penting dilakukan karena jika perusahaan salah dalam memilih sistem maka akan merugikan perusahaan tersebut. Apalagi mengingat biaya ERP sangat mahal.

Dari segi auditor , seorang auditor harus benar-benar memahami konsep dan implementasi ERP agar proses audit dapat berjalan lancar dan dapat menemukan kecurangan jika terdapat kecurangan.

Ref :

Tarigan, Josua. 2009.ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP): DAMPAK DALAM PENDIDIKAN, PROFESI AKUNTAN DAN AUDITOR.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar