benturan kepentingan pegawai dan perusahaan

Berikan contoh tindakan dari benturan kepentingan antara pegawai dan perusahaan, minimal 4 dari kategori situasi yang ada!!

1). Segala konsultasi atau hubungan lain yang signifikan dengan, atau berkeinginan mengambil andil di dalam aktivitas pemasok, pelanggan atau pesaing (competitor).
Contoh : melakukan pembelian barang dagang ke perusahaan yang berbeda tanpa sepengetahuan perusahaan.


2) Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan.
Contoh : dinas keluar kota atau keluar negeri, namun dimanfaatkan untuk tamasya bersama keluarga.


3) Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga (family), atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personal tersebut.
Contoh : melakukan kejasama bisnis dengan keluarga sendiri atas nama perusahaan.


4) Segala posisi dimana karyawan & pimpinan perusahaan mempunyai pengaruh atau kontrol terhadap evaluasi hasil pekerjaan atau kompensasi dari personal yang masih ada hubungan keluarga .
Contoh : pegawai yang masih ada hubungan keluarga diberikan keringanan hukuman apabila berbuat salah.



5) Segala penggunaan pribadi maupun berbagi atas informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia tersebut. Contoh : memberitahukan resep makanan ke perusahaan lain, dan ia mendapat komisi atas resep makanan yang ia dapatkan dari perusahaan ia bekerja.


6) Segala penjualan pada atau pembelian dari perusahaan yang menguntungkan pribadi.
Contoh : karyawan menjual barang dagangan yang melebihi harga standar perusahaan.


7) Segala penerimaan dari keuntungan, dari seseorang / organisasi / pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan. Contoh : adanya suatu kerjasama dengan pihak ketiga tanpa sepengetahuan perusahaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar