Lima Perusahaan Paling Transparan dan "Bersih" Sedunia


(Vibiznews - Business) - Forbes akhirnya berhasil merangkum 5 perusahaan yang dinilai "bersih" dari hal-hal yang bersofat penyelewengan. Keseluruh perusahaan tersebut sebelumnya telah secara rutin 3 bulan sekali diaudit oleh pemerintah yang merupakan prosedur bagi bagi dunia bisnis di AS. Dan dari hasil audit tersebut itulah dijadikan sumber survey Forbes. Urutan perusahaan nantinya akan berdasarkan dari nilai AGR (Accounting and Governance Risk).

Bed Bath & Beyond, Perusahaan Paling Bersih

Di urutan pertama sebagai perusahaan paling bersih ditempati oleh perusahaan ritel yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga, Bed Bath & Beyond. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1971 ini telah berkembang dan menjelma sebagai perusahaan ritel yang menyediakan kebutuhan baik berupa peralatan maupun jasa konsultasi yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga. Menurut Forbes, penilaian tingkat "kebersihan" Bed Bath & Beyond sebesar 95. Pada tahun lalu, perusahaan ini tercatat memperoleh pendapatan bersih senilai 425 juta dollar, dengan total aset seluruhnya mencapai 4,27 miliar dollar.

Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh mantan jawara tahun lalu sebagai perusahaan "terbersih". Perusahaan ini ialah Enbrigde Energy Partners yang memiliki lingkup bisnis berupa penyedia jasa penyaluran minyak mentah dan gas. Perusahaan yang berbisnis hanya di wilayah AS, Kanada dan Amerika Latin ini terus menunjukan sebuah prestasi yang baik seperti berhasilnya membuka ladang minyak baru di beberapa wilayah Kanada dan Amerika Latin.

Bahkan pada tahun 2008 lalu perusahaan ini menjadi favorit sebagai perusahaan yang mengutamakan kepentingan karyawan oleh media massa bisnis di Kanada. Berdasarkan survey Forbes, nilai perusahaan ini sebesar 95. Dari segi transparansi, perusahaan ini dinilai sebagai perusahaan dengan nilai terbaik jika menilik hasil audit dari proyek-proyek yang dijalankan.

Setelah Enbrigde diikuti oleh perusahaan sejenis yang bernama Hess Corporation. Perusahaan yang berdiri di tahun 1919 ini secara cakupan bisnis lebih besar dibandingkan dengan Enbrigde. Hess telah berkontribusi dalam pembangunan kilang-kilang minyak di beberapa negara di AS, Eropa maupun Amerikan Latin. Selain bertindak sebagai kontraktor dalam pembangunan kilang-kilang minyak dan juga jalur distribusi. Hess juga memeliki bisnis dalam pembanguna tempat pengisian bahan bakar yang menyebar di wilayah AS. Perusahaan ini memiliki tingkat transparansi senilai 94.

Perusahaan konstruksi di sektor industri berat rupanya masih mendominasi dengan menempatkan Jacobs Engineering Group yang berada di posisi keempat. Perusahaan yang memiliki pekerja sebesar 57 ribu orang ini memiliki tingkat transparansi sebesar 93. Sedangkan di urutan kelima ditempat oleh perusahaan yang bergerak dibidang energi, Ameren. Perusahaan yang telah berumur lebih dari seabad ini telah memberikan sumbangsih bagi AS di bidang pembangunan pembangkit energi listrik berikut pula dengan distribusinya. Tingkat transparansi yang dimilikinya sebesar 92.

Ulasan :

Bagi sebuah perusahaan besar, kebijakan bisnis yang transparan yang sesuai dengan aturan yang berlaku sangatlah penting. Bukan hanya dapat menyingkirkan penyelewengan seperti korupsi dan penyalahgunaan wewenang, tapi juga dapat membangkitkan sikap percaya bagi konsumen dan masyarakat luas. Hal tersebutlah yang mendorong salah satu situs bisnis terkemuka, Forbes untuk melakukan survey beberapa perusahaan besar yang dinilai transparan dan dapat dipercaya.
Di urutan pertama sebagai perusahaan paling bersih ditempati oleh perusahaan ritel yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga, Bed Bath & Beyond. Di posisi kedua ditempati oleh mantan jawara tahun lalu sebagai perusahaan "terbersih". Perusahaan ini ialah Enbrigde Energy Partners yang memiliki lingkup bisnis berupa penyedia jasa penyaluran minyak mentah dan gas. Setelah Enbrigde diikuti oleh perusahaan sejenis yang bernama Hess Corporation. Perusahaan konstruksi di sektor industri berat rupanya masih mendominasi dengan menempatkan Jacobs Engineering Group yang berada di posisi keempat. di urutan kelima ditempat oleh perusahaan yang bergerak dibidang energi, Ameren.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar